Sabtu, 03 September 2011

Skema rangkaian setrum ikan

Rangkaian setrum ikan berikut ini cara kercanya yaitu input volt DC masuk ke lilitan
secara berulang-ulang sehingga menimbulkan arus AC pada outputnya. Yang membuat
masuknya arus ini yaitu platina dan jika tanpa platina tidak bisa menimbulkan arus AC.

Keberhasilan dalam membuat setrum ikan ini terletak pada lilitannya. Lilitan harus rapat
dan kencang.Adapun cara melilitnya yaitu:

1. Inti besi. Inti besi ini bisa berupa bekas travo 5 ampere ambil yang lurus (i) sebanyak 
    30 buah  atau atau bekas engsel kira-kira jika di tumpuk sekitar 3 cm.
2. Balut inti besi itu dengan kertas semen sebanyak 5 atau 7 belitan dan di lem.
3. Mulai melilit kabel email sebesar 1mm sebanyak 5 lilitan.
4. Setiap lilitan balutlah dengan kertas semen sebanyak 3 atau 5 belitan, lilitan pertama
    selesai kemudian balut dengan kertas semen, lilit lagi setelah selesai balut lagi dengan
    kertas semen sampai lilitan ke lima.
5. Setelah lilitan kelima selesai jangan lupa balut dengan kertas semen kemudia mulai
    melilit lagi Lilitan yang kedua besar diameter kabel 0.6 mm. sebanyak 7 lilitan untuk
    caranya sama setiap lilitan harus di balut dengan kertas semen.
6. Berarti setiap ujung initi besi sekarang masing2 ada 2 kabel yaitu kebel 0.6mm dan
    1 mm kemudian sambung salah satu kabel 0.6 sama 1 mm di sebelah kanan atau kiri
    ujung inti besi itu.
7. Ujung lilitan yang besar 1 mm terhubung ke Accu dan yang kecil 0.6 mm terhubung
    ke jaring sedang lilitan yang di gabung tadi terhung dengan platina dan capasitor.
8. ingat lilitan usahakan bener2 rapat dan kencang.
9. Pemasangan kontak platina harus dekat dengan inti besi lilitan.
 
  Gambar1 rangkain setrum ikan


Keterangan :
Hasil uji coba pada  lilitan rangkaian setrum di atas  tergolong  setrumnya yang sangat besar.

Gambar 2  rangkain strum ikan

Keterangan:
Pada gambar 2 rangkaian tersebut sama dengan dengan Gambar 1 untuk cara kerjanya
yang membedakan adalah lilitan menggunakan kabel 1 mm atau di atasnya dengan 
jumlah lilitan bisa 3,5,7 lilitan dan setiap lilitan di belit dengan kertas semen.
Cara merangkai: setelah lilitan jadi, ujung lilitan ada 2, yang satu terhubung ke accu + 
dan ujung lilitan yang satunya terhubung ke condensor motor +. Saklar yaitu condensor
motor + dan platina +, untuk sticknya condensor motor + dan platina + setelah di gabung
dengan saklar tadi  sedangkan accu - terhubung ke condensor motor- dan platina -.dan
jaring, yang perlu di perhatikan inti besi lilitan harus dekat dengan kontak platina.

cara kerja platina: setelah sklar di tekan/on maka lilitan akan menimbulkan magnet pada 
inti besinya , karena kontak platina dekat dengan inti besi lilitan tadi maka magnet dalam 
inti besi lilitan akan menarik kontak platina menimbulkan percikan api dan untuk
meredamnya menggunakan condensor motor. Sebenarnya tanpa condensor platina bisa
bekerja tapi tidak menimbulkan tegangan ac. Simpelnya ambil sebuah jarum ikat dengan
benang kemudian tahan benang dan dekatkan jarum dekat magnet maka jarum akan
di tarik oleh magnet supaya lengkat. Karena benangnya di tahan maka jarum tidak bisa
lengket ke magnet yang terjadi jarum dan benang menjadi kencang.  

Gambar3 lilitan setrum ikan menggunakan travo 5 ampere

9 komentar:

  1. salam. saya ngak berapa faham melihat pada diagram di atas. bisa ngak di tunjuk model sebenar setrum itu. kalau bisa diemail pada saya, sulhan.mohamed@ymail.com

    terima kasih.

    BalasHapus
  2. salam kenal. saya juga sangat tertarik membuat penyetrum ikan ini. bisa dikirm wiring/ gambar lengkapnya ke email saya: abel.tasfir@yahoo.com

    BalasHapus
  3. salam kenal sy eksperimen stroom ikan.Lilitan saya luar biasa sebuah tang,baud,tak sengaja disimpin dibelahnya eeeeeeeehh.....itu tang dan baud loncat nempel ke lilitan.tp sayang saya tidak mengerti setel plati.Soalnya apa bedanya saklar dgn plati.Smpe sekarang itu stroom ikan gak jadi krn tdk ngerti plati itu hrs gimana bekerjanya.mohon infonya,trmksh dari bpk Edi nurbagja
    Bandung

    BalasHapus
  4. salam, saya lagi rakit setrum ikan tapi ga jadi.bisa tolong kirim foto rangkaian yang dah jadi ke skin_head182@yahoo.com.trimakasih

    BalasHapus
  5. Hallo boss.. authorx kmna nih? Soal strom yg pake travo 5A tuh sy udah pernah coba, tp hasilx kurang memuaskan.. apa ada yg salah ya?

    Bwt rekan yg msh kesulitan, coba aja dikutin rangkaianx pelan2, pasti bisa koq.. Yg butuh gambar rangkaian yg udah jadi, bisa imel ke sy astasiddhi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. coba pake trafo yang 10 A gan!!!!!!!!

      Hapus
  6. salam...mohon send di email....lebih jelas...kalau ada video mudah juga....email ya eijiasuma94@gmail.com

    BalasHapus
  7. Rekan pencari ikan sekarang sudah beredar strum elektronik tanpa platina dan mampu untuk air asin. Harga 750rb sudah termasuk ongkir. Hubungi Yanto 085785293190 atau 081269137400

    BalasHapus